Tentang Kami

DENGAN makin suburnya perkembangan buku di tanah air, dan makin derasnya buku-buku impor yang membanjir di pasaran, makin deras juga informasi, ilmu dan value yang ditawarkan perbukuan. Perkembangan ini bisa menggembirakan sekaligus menggelisahkan, sebab saat ini berkembang juga berbagai kepentingan di dunia perbukuan. Ilmu pengetahuan dan seni dikemas, diberi harga dan menjadi ajang bisnis. Saat ini, toko buku, sudah merupakan bisnis yang menguntungkan. Pengindustrian ini pada akhirnya menyeret perbukuan pada mekanisme pasar. Buku dibentuk untuk memenuhi keinginan pasar, dan bukannya pasar yang diajak menerima kualitas buku. Akibatnya, terbitlah buku-buku tanpa kualitas yang hanya memenuhi selera pasar. Ditengah situasi ini, ada sekelompok anak muda yang peduli untuk melahirkan buku-buku yang berkualitas: Cornerstone Studio.

Apa sih Cornerstone Studio itu? Kenapa selalu berbicara tentang perbukuan, grafis, komik, freelance style, dan sebangsanya? Apa semacam warung kopi tempat semua orang yang peduli perbukuan berikut praktisi-praktisinya berkumpul?

Sama sekali tidak salah bila Cornerstone Studio selalu berbicara tentang buku, sebab Cornerstone Studio adalah ajang berkreasi bagi para kreatif muda untuk peduli dan ikut aktif melahirkan buku-buku yang bervalue. Value adalah syarat mutlak buku-buku yang dihasilkan Cornerstone.

Awal berdiri.

Cornerstone Studio pertama kali digagas oleh Anthony Ann pada awal tahun 2009, namun belum dalam bentuk yang spesifik. Anthony Ann, atau yang akrab dipanggil Anto, memang sudah 17 tahun malang melintang di dunia komik dan media. Bentuk paling baru didapat ketika Anto bertemu dengan patnernya, Selviya Manuputty. Berdua mereka sepakat membangun sebuah team yang bergerak di dunia perbukuan, dengan visi dan misi yang khas. Anto lebih kuat di visual, sedang Selviya sangat kuat di materi. Mereka saling mengisi untuk ceruk masing-masing.

Kru Cornerstone Studio

Kru Cornerstone Studio terbagi menjadi 3 kelompok: yakni Team Inti, Team Studio, dan Team Simpatisan. Team Inti digawangi dua pendirinya: Anto dan Selviya. Sedang Team Studio adalah mereka yang bergabung dan berkiprah di Cornerstone Studio. Dan Team Simpatisan adalah mereka yang mendukung keberadaan Cornerstone Studio meski tidak harus ikut membukukan karya.

Visi Cornerstone Studio

“Menghasilkan media populer berupa buku anak yang tidak hanya menghibur dan mendidik, tetapi juga sarat nilai moral dan pengembangan karakter”

DENGAN visi yang sangat jelas ini, Cornerstone Studio dituntut menelurkan buku-buku berkualitas. Tak hanya kualitas tampilan, pemilihan penerbit sebagai patnernya pun tidak sembarangan. Namun yang paling utama adalah isi dan muatan buku yang dihasilkan harus mengusung nilai-nilai yang mendorong pada kesadaran akan kebesaran Tuhan. Inilah inti utama yang mendorong didirikannya Cornerstone Studio.

Secara spesifik Cornerstone Studio memantapkan diri dijalur buku anak. Mengapa buku anak? Karena hanya pada anak-anaklah kita akan mewarnai Indonesia masa depan.

“Kami tahu mungkin kami tidak akan melihat hasil kerja kami dalam waktu dekat ini, tapi kami percaya kami akan memetiknya di masa depan,” tutur Anto optimis, “namun membuat buku anak tidaklah segampang yang dikira. Kita musti ngerti betul psikologi anak. Salah kita memberinya informasi, salah juga yang akan kita tuai di masa depan. Saya pikir buku-buku seperti Laskar Pelangi sudah cukup menyadarkan kita bahwa keajaiban peradaban terbesar adalah pendidikan. Hanya melalui pendidikan kita bisa berharap perbaikan bagi bangsa ini.”

Majulah, Cornerstone!



2 responses

18 01 2010
Lanee

halo..
saya punya karya tulis yang membutuhkan illustator, kira kira ada yang mau kerja sama ga?
Thx

18 01 2010
cornerstonestudio

Halo, salam kenal ^^
Senang sekali Mbak Lanee bisa berkunjung ke sini..
Kalau mau, Mbak bisa kirimkan email dengan penjelasan yang lebih lengkap (soalnya saya masih bingung =P) ke cornerstone.studio@yahoo.com.
makasih ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: